Advertisement

Hacker Dan Cracker

Cracker “adalah seseorang yang membobol ke dalam atau melanggar integritas sistem dari mesin remote, dan menimbulkan kerusakan. Cracker, seringkali mendapatkan akses ilegal, merusak data, menghindari layanan user yang absah, atau pada dasarnya menyebabkan kerusakan pada target mereka. Cracker dengan mudah diidentifikasi karena tindakan mereka yang merusak.”
Hacker “adalah sebutan untuk mereka yang menggunakan keahliannya dalam hal komputer untuk melihat, menemukan dan memperbaiki kelemahan sistem keamanan dalam sebuah sistem komputer ataupun dalam sebuah software. Cracker adalah seseorang yang melakukan eksplorasi dan penetrasi

terhadap sistem operasi dan kode komputer pengaman dengan tujuan mencuri informasi atau merusak, bahkan melumpuhkan keseluruhan sistem komputer. Cracker adalah sisi gelap dari 'hacker' Carding adalah aktifitas pembelian barang di Internet menggunakan kartu kredit bajakan Spammmer menurut saya adalah orang yang mengirim informasi tidak pada tempatnya atau melanggar aturan hukum yang berlaku Flooder adalah orang yang membuat karakter unik. tapi pada momen2 tertentu ia memiliki fungsi tertentu. mengapa banyak yang tertarik? sebenarnya tidak banyak orang yang tertarik dengan posisi seperti mereka, hanya saja kebanyakan orang lebih banyak keingintahuan dan coba-coba untuk menjadi Hacker dan sejenisnya”
Metode yang digunakan hacker untuk menyerang sistem atau jaringan Anda sebenarnya cukup sederhana. Seorang hacker men-scan sistem yang rapuh menggunakan "daemon dialer" (yang akan me-redial sebuah nomor berulang-ulang sampai koneksi tercipta) atau "wardialer" (aplikasi yang menggunakan modem untuk men-dial ribuan nomor telepon untuk menemukan modem lain yang terhubung ke komputer).

Pendekatan lain yang gunakan untuk menunjuk komputer yang mempunyai koneksi DSL atau kabel, adalah dengan program scanner yang secara berurut mem-ping IP address sistem jaringan untuk melihat apakah sistem itu bekerja.

Dimana seorang hacker bisa menemukan tool-tool semacam itu? Di internet, tentu saja.

Situs-situs yang berisi puluhan tool pembajak sederhana yang bisa di-download gratis, sangat mudah ditemukan di internet. Untuk mengerti bagaimana tool ini bekerja, mungkin tidak mudah, karena banyak file, termasuk dokumentasi pribadi, yang ditulis dengan "bahasa gaul" kalangan hacker.

Di antara program yang tersedia adalah utiliti scanning, yang menunjukkan kelemahan sebuah komputer atau jaringan, dan program sniffing yang memungkinkan hacker memata-matai data yang lewat di antara dua komputer.

Hacker juga menggunakan internet untuk mempertukarkan daftar IP address(lokasi khusus dari tiap komputer yang terhubung ke internet), yang rapuh dan tidak memiliki patch lubang keamanan. Alamat komputer yang telah diambil dengan Trojan, terbuka bagi siapa saja (pada kebanyakan kasus, pemilik komputer bahkan tidak mengetahuinya).

Jika hacker telah menemukan sebuah komputer, ia menggunakan tool seperti "Whisker" untuk mengidentifikasi sistem operasi apa yang digunakan komputer itu dan apakah ada lubang keamanan, hanya dalam satu detik. Whisker, salah satu tool legal yang digunakan administrator sistem untuk menguji keamanan sistem, juga menyediakan daftar eksploitasi yang bisa digunakan hacker untuk mengambil keuntungan sebanyak-banyaknya dari lubang ini.
Kelompok hacking Yunani yang menyebut diri mereka Greek Security Team berhasil membobol jaringan komputer Large Hadron Collider (LHC) milik Cern dan mendeface situs utama mereka.
Kelompok hacker ini membobol jaringan komputer pertahanan Cern dan masuk ke Eksperimen Compact Muon Solenoid (CMS). Disana mereka meninggalkan sebuah file dengan pesan "GST: Greek Security Team. We are 2600 - dont mess with us.”
Beruntungnya Cern menerapkan sistem jaringan komputer bertingkat sehingga kelompok hacker belum sempat membobol kontrol utama sistem yang mengoperasikan LHC.
Usaha yang dilakukan kelompok hacker ini satu langkah lagi dalam menembus kontrol sistem LHC dan jika itu terjadi maka mereka bisa mematikan langsung detektor partikel.
Cern dengan mesin LHC-nya sedang melakukan penelitian fisika terbesar yang pernah dilakukan yaitu mengedarkan proton dalam LHC guna mencari tahu asal terbentuknya massa. Beberapa orang khawatir eksperimen yang dilakukan oleh Cern akan membuat sebuah 'lubang hitam' yang dapat menghancurkan bumi.

0 komentar:

Leave a Reply

Featured Video

Photos